Kamis, 09 Juni 2011

Sastra Remaja Membentuk Karakter Remaja


Sastra Remaja Membentuk Karakter Remaja
Sastra Indonesia merupakan cermin kehidupan Indonesia dan identitas serta kemajuan peradaban bangsa Indonesia. Berbagai perubahan yang terjadi di suatu negara, seperti Ilmu Pengetahuan dan kebudayaan serta teknologi informasi maupun akibat peristiwa alam merupakan bagian inspirasi di dalam penulisan karya sastra. Sastra di Indonesia berkembang dengan sangat cepat, terutama sastra remaja “teenlit” pada tiga-empat tahun terakhir ini. Dunia perbukuan kita dibanjiri oleh novel-novel pop remaja berlabel teenlit tersebut. Seperti yang dikatakan salah satu pakar sastra, Budi Darma bahwa hampir setiap hari lahir 15 novel yaitu teenlit dan ciklit. Tak heran jika akhir-akhir ini novel-novel teenlit penjualannya menduduki peringkat atas atau masuk dalam kategori best seller di toko buku di berbagai kota untuk buku-buku jenis fiksi.
Satu sisi, ini merupakan gejala yang menggembirakan karena dunia penulisan novel-novel lokal kembali menggeliat. Hal ini jelas sebuah perkembangan positif. Cerita-cerita ringan yang umumnya bertema cinta monyet itu, ternyata bukan saja memiliki banyak pembaca, namun juga telah melahirkan banyak penulis baru. Kondisi yang ada sekarang ini memang sudah jauh lebih baik daripada era delapan puluhan, misalnya, ketika itu dunia pernovelan hanya 'dikuasai' oleh nama seperti : Mira W, Marga T, dan Maria A.Sardjono. Karya mereka merajai rak toko-toko buku, berkali-kali dicetak ulang. Bahkan, hingga kini, kita masih dengan mudah mendapatkan novel-novel tersebut di toko buku.
Hikmah yang dapat dipetik dari realitas di atas, ledakan penulisan buku-buku teenlit dan tradisi pembukuan naskah skenario dan roman latar film, pada taraf tertentu dapat dikatakan sebagai gejala kebangkitan yang cukup melegakan. Kesemarakkan karya fiksi serta menjamurnya penulis-penulis muda adalah juga buah dari persinggungan kreatif dunia film dan buku. Keadaan dinamis ini telah pula melahirkan pergeseran budaya yang signifikan. Belantika baca-tulis yang semula dipinggirkan perlahan mulai bergerak ke tengah dan diterima banyak lapisan. Remaja, lebih-lebih yang terbiasa dengan tradisi penulisan buku harian dan majalah dinding, menjadi semakin semangat berkreasi.
Ada segi positif, ada pula segi negatif. Segi negatif seperti yang telah diungkapkan sedikit di atas kebanyakan teenlit bertemakan kisah cinta walaupun tidak semua. Dan hal tersebut sangat digemari oleh para pembaca remaja. Selain itu, budaya-budaya asing lebih sering ditonjolkan daripada budaya lokal yang sangat bertolak belakang dengan keadaan negara kita pada saat ini dan para pembacanya pun berasal dari seluruh kalangan.
Gejala munculnya pengaruh budaya asing pada media elektronik, media masa, dan tempat umum menunjukkan perubahan perilaku masyarakat dalam kehidupan masa kini. Kesemuanya menghasilkan karya sastra. Gejala krisis moral yang berkaitan dengan kecenderungan negatif yang dialami remaja kita saat ini sebagai akibat globaisasi itu berkaitan dengan adanya novel-novel remaja dijadikan sebagai area bisnis, terutama untuk meningkatkan penghasilan sampingan yang tentunya sangat menguntungkan. Dengan demikian, novel-novel remaja –teenlit--berpengaruh dengan pembentukan karakter remaja.
Remaja, Karakteristik, dan Perkembangannya. Remaja adalah anak-anak yang dalam fase mencari identitas. Di dalam KBBI pengertian remaja adalah mulai dewasa. Memahami anak remaja diketahui mereka sedang berkembang, senang meniru, dan kreatif. Dunia remaja itu adalah dunia yang penuh dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Beberapa dari sebagian remaja menyalurkan rasa ingin tahunya itu dengan eksis dalam bidang musik, sehingga mereka bisa mengembankan apa yang mereka ingin ketahiu dari musik tersebut.  Adapula yang menyalurkannya dengan menulis, dan lain sebagainya.
Tiga karakterisitik dasar yang harus dimiliki tiap individu masyarakat masa depan yang bermartabat adalah kepekaan, kemandirian, dan tanggung jawab.






Pertanyaan:
  1. Apa sih yang menjadikan novel itu diminati banyak orang?
  2. Apa manfaat dari membaca buku? Bukannya kalau banyak baca novel takutnya nanti kita malas baca buku pelajaran?
  3. Berapa banyak novel yang sudah kakak baca? Tolong kakak jelasin dimana letak kekurangan dan kelebihan seperti yang kaka jelaskan tadi?
Jawaban:
  1. Novel itu bisa dikatan bets seller karena banyak pembaca yang menyukai isi cerita dalam novel tersebut. Sehingga ketika banyak yang menyukai novel tersebut maka orang akan terpancing untuk membeli ataupun membacanya. Jadi asalan mengapa novel tersebut di minati oleh banyak pembaca yang pertama adalah ceritanya tersebut dapat membuat pembacanya katarsis, dan bisa saja karena mereka terlalu menghayatinya dan memang  mereka merasakan apa yang ada dalam cerita novel tersebut.
  2.  Banyak sekali manfaat dari membaca buku tersebut. Salah satunya adalah dengan membaca berati kita akan semakin mendapatkan tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan. Tapi membaca di sini adalah membaca yang sifatnya positif. Sebenarnya kalau pertanyaannya apakah ada nilai negatif dari membaca novel? Jawaban saya pasti ada, namun yang paling penting adalah bagaimana kita bisa menjadikan hal yang negatif tersebut menjadi hal yang positif.
Lalu pertanyaan yang kedua itu bukannya kalau banyak baca novel takutnya nanti kita malas baca buku pelajaran?
Jawaban saya salah, justru biasanya anak yang suka membaca novel maka anak tersebut akan gemar membaca buku pelajaran juga. Karena biasanya jika ia ingin membaca novel maka ia akan terlebih dahulu menyelesaikan tugas sekolahnya. Sebenarnya dampak dari membaca karya sastra apa saja baik itu novel ataupun lainya itu tergantung pada diri kalian masing-masing. Tinggal bagaiman kalian dapat mengambil manfaat dari apa yang kalian telah baca.
  1. Dalam satu setangah atau dua  bulan yang lalu saya sudah membaca tiga novel dua novel terbitan dari PT. Gramedia Pustaka Utama dan satu lagi penerbit dari Mizania.
Kekurangan dari novel ini adalah alur ceritanya terkesan terlalu bertele-tele. Akan tetapi mungkin ini bisa menjadi salah satu dari kelebihan dari novel ini. Di alur cerita yang terkesan sangat lambat ini mungkin seseorang yang baru belajar untuk membaca karya satra mungkin akan menjadikannya mempermudah si pembaca, namun jika untuk saya pribadi jika saya harus membaca novel ini saya menilai novel ini sangat terkesan bertele-tele.
Tetapi ada kelebihan yang tersimpan di dalam kekurangan novel ini. Ya seperti yang saya bilang di atas bahwa alur cerita yang terkesan itu bisa mempermudah untuk seseorang yang baru belajar membaca. Selain itu dengan alur cerita yang terkesan sangat lambat maka itu akan memperjelas kita dari isi cerita dari novel ini. Memang sih ketika membaca novel ini tidak ada yang terlalu istimewa. Apalagi isi dari novel ini hanya menceritakan tentang pesan-pesan yang di tempel di pintu kulkas. mengenai bahasanya sangat mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari.
Selain itu cara penulisan dalam novel Life On The Refrigerator Door ini berbeda dengan novel lainnya. Sang penulis menampilkan isi bacaannya seolah-olah itu adalah memo yang di tempel di pintu kulkas. Di dalamsatu lembar hanya berisikan satu pesan, dan di dalam satu pesan itu ada yang padat pesannya dan ada yang singka. Seperti contoh:
      Claire,
Aku akan pulang sekitar pukul  18.. kalau kau membacapesan ini, mungkin kau bisa menungguku.
Bagaimana mungkin aku memberitahumu? Belum lagi aku sempat berpikir keadaanku sudah lebih baik, hal yang barupun muncul lagi. Biasanya kejadiannya tidak seperti ini-aku tahu, aku telah melihat wanita-wanita yang berhasil melewati ini. Lalu kau tidak ada di sini karena kita bertengkar tentang sesuatu yang konyol. Oh Claire, sikap ku benar-benar konyol mengenai semiua ini. Pesanmu dua Minggu yang lalu, yang isinya kau memberitahuku kau baru nonton DVD untuk penderita kanker payudara, tahukan kau aku menangis selama satu jam setelah membacanya? Tahukah kau inilah kali pertama aku benar-benar mengakui pada diriku sendiri bahw aku mengidap kanker payudara. Aku benar-benar mengidapnya. Dan penyakitku tidak membaik.
Aku terlalu lemah untuk mengakui bahwa aku membutuhkanm. Aku tidak ingin hal ini mengganggu hidupmu, aku tidak ingin kau menngubah apapun yang sedang kau lakukan dan tidak lsgi mrnjadi putri kecilku. Aku tidak ingin ayahnu tahu tentang perkembangan ini. Belum. Tidak sampai aku bisa menjajakan lagi kakiku di tanah.
Aku sayang kau,
Mom
Adapun pesan singkatnya:
Ya.
Mom



Tidak ada komentar:

Posting Komentar