Kamis, 09 Juni 2011

Hasil Observasi 10 Novel


HASIL OBSERVASI 10 NOVEL
1
Judul                  : Because She Can – Bos dari Neraka
Penulis               : Bridie Clartk
Penerbit             : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit       : November 2008
Komentar          : Novel ini ternyata gak serumit dan seseram judulnya loch. Tema dari novel ini adalah cerita cinta yang terjadi antara tokoh wanita remaja yang bernama Claire Trauman dan pria remaja yang bernama Vivian Grant. Aku suka novel ini karena menurut aku gaya bahasa yang digunakan tidak begitu rumit dan menggunakan bahasa sehari-hari jadi dengan begitu aku gak usah mengulang lagi bacaan yang sudah aku baca karena aku mudah untuk memahaminya. Kalau masalah amanatnya menurut aku mendidik sih tapi tidak menggurui. Bridie Clark adalah pengarang dewasa yang yang mengarang novel remaja, dia menulis novel ini hasil dari kehidupan nyata ynga pernah ia alami langsung ada pula penggabungan antara fiksi dan nonfiksi.
2
Judul                 : Night Of Chaos
Penulis              : Jofry Hadi Susanto
Penerbit            : Sheila
Tahun terbit     : 2007
Komentar           : Novel Night of Chaos menceritakan tentang science-fiction. Membaca novel ini seperti menonton sebuah film yang membuat saya selaku pembaca menjadi ikut menebak-nebak. Tokoh Joseline dalam novel ini adalah sseoarang wanita yang memiliki kecerdasan yang luar biasa walaupun ia seorang wanita akan tetapi kerja keras yang ia lakukan demi menemukan jawaban dari sebuah masalah yang sedang menyerang GigaEmpire perusahaan raksasa pemegang paten OR. Tema yang dilakoni oleh para remaja atau dewasa ini menuai tentang problematika yang terjadi di lingkungan tempat kerjanya dan mengisahkan tentang pertemuan yang menghasilkan rasa cinta diantara dua insan. Amanat yang terkandung dalam novel Night of Chaos termasuk kedalam amanat yang mendidik akan tetapi tidak mengurui. Sedangkan gaya bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami hanya saja mungkin banyak istilah-istilah yang saya sendiri tidak mengetahuinya. Jofri Hadi Susanto adalah pengarang dewasa yang menulis tentang ruang lingkup kehiidupan remaja.
3
Judul                 : Mawar Merah Mosaik
Penulis              : Luna Torashyngu
Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit      : Maret 2009
Komentar           : Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang konflik yang terjadi dalam keluarga dan juga konflik yang terjadi dalam persahabatan. Dari mulai awal sudah ada konflik yang disajikan sehingga saya sebagai pembaca harus benar-benar cermat dalam membacanya, dan karena itu pulalah saya nerasa kalau bahasa yang digunakan dalam novel Mawar Merah Mosaik karya Luna Torashingu ini cukup rumit karena bahasanya terlalu tinggi dan konflik yang disajikanpun cukup sangat rumit karena termasuk konflik yang elit. Riva, Elsa, dan Rachel adalah tokoh yang cukup berperan dalam novel ini. Sedangkan amanatnya menurut saya tidak mendidik dan tidak menggurui. Luna Torashyngu adalah penulis atau pengarang remaja yang menulis atau mengarang karya-karya remaja hal ini mungkin adalah salah satu kreatifitas pemikirannya. 
4
Judul                 : Live on the Refrigerator Door – Kehidupan di Pintu Kulkas
Penulis              : Alice Kuipers
Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit      : November 2008
Komentar           : Hm, awal aku melihat novel ini aku sedikit bingung sebenarnya apa sih inti dari novel yang berjudul Life on the Refigerator Door-Kehidupan di Pintu Kulkas?! Tapi setelah aku sedikit membacanya aku mulai sedikit demi sedikit tahu apa maksud dari novel ini. Kalau dilihat dari gaya bahasanya sih sangat mudah dipahami akan tetapi dengan semakin standar gaya bahasa yan digunakan itu berarti tidak ada tantangan yang harus dirasakan ketika saya membacanya. Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa kita sehari-hari. Akan tetapi cukup sulit bagi saya untuk mengetahui maksud dari penulis menghasilkan karya seperti ini. Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang kehidupan keluarga yang dimana tokohnya adalah seoarang wanita remaja yang baru akan memasuki usia tujuh belas tahun. Amanat yang terkandung dalam novel ini mendidik dan cukup menggurui karena didalam menceritakan tentang kasih sayang seorang anak terhadap ibunya dan rasa rindu yang sangat mendalam. Alice Kuipers adalah seorang pengarang yang sudah dewasa namun ia sangat menyukai dunia remaja oleh karena itu ia mengarang novel dengan tema remaja.
5
Judul                 : Ic, Cape Deh! – Cringe!
Penulis              : Caroline Plaisted & Cherry Whytock
Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit      : September 2008
Komentar           : Kalau dilihat dari covernya aku sedikit tertarik tapi menurutku terlalu kekanak-kanakan sih,, novel ini sedikit berbeda dengan novel yang lain, tapi menurut aku sih agak sedikit aneh karena didalamnya ada gambar-gambar seperti anak-anak. Jujur aku tidak terlalu suka dengan novel ini ya mungkinn karena aku belum baca sampai tuntas mungkin ya. Kalau masalah gaya bahasa yang digunakan oleh pengarang menurut aku sih mudah dipahami dan tidak begitu sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan bahasa sehari-hari. Tema yang disajiikan oleh pengarang adalah seorang remaja yang harus menghadapi problem keluarga yang disebabkan oleh ulah orang tuanya yang memalukan dan pencarian jatidiri. Tokoh remajanya di tokohkan oleh seorang wanita yang bernama Amaryllis. Sedangkan amanat yang terkandung di dalan novel ini menurut aku tidak mendidik dan tidak menggurui. Caroline Plaisted & Cherry Whytock adalah pengarang novel remaja yang dewasa akan tetapi karena keduanya sangat menyukai dunia remaja ketimbang dunia dewasa itulah yang menjadikan mereka berdua menghasilkan karya-karya remaja.
6
Judul                 : One of those hideous books where the mother dies
Penulis              : Sonya  Sones
Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit      : Oktober 2007
Komentar           : Hal yang pertama kali aku ingin ungkapkan adalah seram dan aneh. Yach itulah awal kata ku ketika aku meliahat dan membaca novel ini. Tema yang disajikan dalam novel ini adalah konflik yang terjadi ketika sang ibu yang di cintainya meninggal dunia, mulai saat itulah Rubi sang tokoh  remaja dalam novel ini mulai meninggalkan sahabat, cowok, bibi dan makam ibunya di Boston. Sedangkan gaya bahasa yang digunakan dalam novel karya Sonya Sones ini sangat sulit dipahami karena banyak menggunakan metafor. Dan juga gaya bahasa yang terlalu tinggi sehingga saya sebagai pembaca memerlukan waktu cukup lama karena harus mengulang kembali apa yang saya baca. Amanatnya mendidik namun tidak menggurui. Sedangkan Sonya Sones adalah orang dewasa yang mengarang tentang novel remaja.
7
Judul                 : Menjemput Risalah-Mu
Penulis              : Triani Retno A.
Penerbit            : Mizania
Tahun terbit     : 2008
Komentar           : Ini adalah novel yang aku suka, hm,,, mungkin karena covernya yang islami kali ye. Tema yang disajikan dalam novel yamg berjudul Menjemput Risalah-Mu ini adalah tentang pencarian jati diri. Salsa adalah tokoh dalam novel ini ia adalah sosok gadis yang sangat  bercita-cita menjadi seorang wartawan, yach walaupun pada masa kanak-kanaknya ia sempat bercita-cita ingin menjadi seorang ditektif karena salsa sangat menggemari karya-karya klasik Enid Blyton dan Alfred Hitchcock. Gaya bahasa yang digunakan tidak begitu sulit dan mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, namun ada juga bahasa lokal yang digunakan dalam novel ini, misalnya istilah teteh untuk panggilan kakak dan penambahan kata-kata atuuuhh. Amanatnya mendidik dan menggurui. Sedangkan pengarangnya seorang wanita dewasa yang menulis tentang novel remaja serta ruang lingkup kehipan remaja.
8
Judul                 : Mahkota Cinta
Penulis              : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit            : Republika
Tahun terbit      : 2007
Komentar           : Pada awal pembukaan novel Mahkota Cinta terlalu banyak basa-nasinya jadi terkesan agak bertele-tele. Akan tetapi gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup mudah untuk dimengerti. Sedangkan tema dari novel ini adalah tentang cinta. Sedangkan tokoh yang yang diperankan oleh Ahmad Zul adalah seoarang pria remala yang beranjak dewasa yang pergi ke negara Malaysia. Menurut saya tidak ada amanat yang mendidik apalagi menggurui dalam novel ini. Mungkin Habiburrahman El Shirazy hanya mementingkan cerita dan isinya saja sehingga ia kurang memperhatikan amanat dari karya yang ia hasilkan. Habiburrahman El Shirazy adalah pengarang dewasa yang menulis tentang novel dan cerita kehidupan remaja.
9
Judul                 : Fallen Snow
Penulis              : Mihona Fujiii
Penerbit            : Komik Gramedia Majalah
Tahun terbit      : 2008
Komentar           : Komik ini adalah komik yang bertemakan tentang cinta. Nanako sebagai tokoh utama dalam komik fallen snow, ia seorang pelajar SMA yang disukai oleh kakak beradik Tachan dan Akira. Cerita dalam komik fallen ini mengangkat tema tentang cinta segi tiga. Komik ini menggunakan bahasa sehari-hari sehingga dapat mudah dipahami oleh pembaca. Amanat yang terkandung dalam cerita ini adalah mendidik tapi tidak menggurui dalam artian komik ini adalah yntuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkantidak boleh menghalalkan segala cara. Minoha Fujiii adalah orang dewasa yang menulis komik remaja dengan ilustrasi yang ia tumpahkan melalui hasil dari karya-karyanya.
10
Judul                 : Tabir Cinta Jahrana
Penulis              : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit            : Republika
Tahun terbit      : 2007
Komentar           : Pada awal cerita dalam  novel ini penulis sudah mensajikan masalah atau konflik yang di alami oleh sang tokoh. Tema yang diangkat dalam novel ini adalah konflik di dalam lingkungan pesatren. Dan tokoh dalam novel ini adalah Zahrana gadis cantik, baik, dan selalu tegar dalam menghadapi masalah-masalah yang ada. Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup sulit untukl dimengerti karen bahasanya yang terlalu tinggi. Sedangkan amanat yang terkandung dalam novel ini menurut aku sangta mendidik namun tidak menggurui. Habiburrahman El Shirazy adalah pengarang dewasa yang menulis tentang novel dan cerita kehidupan remaja.
NAMA                 : ARI FATMAWATI
SEMESTER                  : IV A
JURUSAN           : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar