Senin, 13 Juni 2011

Curhat Bacaan Anak


WORLD BOOK DAY
INDONESIA 2009
MEMBACA UNTUK CINTA
MUSEUM MANDIRI
23 APRIL- 17 MEI 2009
Curhat Bacaan Anak (10 Mei 2009, Auditorium)
Oleh :  1. Ali Muakhir
            2. Benny Ramdani
            3. Arleen Amidjaja
            4. Clara Ng
            5. Renny Yuniar
            Untuk menjadi seorang penulis harus siap ditolak, ujar Clara. Khususnya di Indonesia penulisan buku-buku anak itu sangat kecil sekali. Jika kita lihat sepintas menulis untuk anak-anak pasti kita pikir mudah. Nammun pada kenyataannya menulis cerita anak itu sangat sulit. Walaupun menggunakan bahasa yang sangat-sangat sederhana akan tetapi amat sangat menarik perhatian si anak ituu sangat sulit.
            Untuk memulai menulis kita harus menyiapkan konsep-konsep terlebih dahulu. Anak yyang berusia 3-7, 10-13 tahun memandang dunia itu berbeda. Mereka masih berada pada dunia khayal imajinasi yang cukup tinggi. Menurut kak Ali novel anak itu paling banyak 40 halaman. Namun timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara agar si anak tersebut suka membaca? Sedangkan jika kita amati dan sama-sama kita ketahui bahwa dunia anak ituu adalah dunia yang suka sekali bermain di bandingkan mereka harus menghabiskan waktu mereka dengan membaca.
            Orang tua adalah pengamat yang jeli seperti spons untuk anak-anaknya, sehingga ia tahu bahwa proses kreatif itu ketika anak sedang ngobrol. Kita perhatikan apa yang mereka obrolkan, kata-kata apa yang banyak mereka keluarkan. Sehingga dari situlah kita bisa apa yang mereka suka dan tidak suka dengan demikan kita bisa mengajak sianak tadi membaca apa-apa yang mereka suka terlebih dahhulu.
            Untuk itu orang tualah yang terlebih dahulu memberikan contoh kepada anak-anaknya agar mereka mau membaca. Disamping membaca pulalah kita dapat mengenalkan permasalahan-permasalahan yang mungkin cukup rumit kepada anak. Karena ada saatnya mereka harus mengetahui permasalahan-permasalahn yang cukup rumit.
            Mengenai tema itu sendiri kita bisa memasukan tema remaja kedalam cerita anak, ujar Ali. Namun tema remaja disini adalah tema tentang perkenalan-perkenalan suatu masalah yang seperti saya dan mbak Clara jelaskan tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar